Kamis, 29 November 2007

Daun Dihembus Angin

Berbagai fenomena terus terjadi di seluruh belahan dunia. Setiap orang bisa mengerti, melalui apa yang dilihat dan didengar. Dari fenomena itulah menjadi infoermasi yang terpikir adanya gejala-gejala dan dampak yang terjadi sehingga timbul bagaimana cara menyampaikan informasi kepada publik. Komunikasi menjadi bukti sebagai perantara kepada publik, bahkan sarana-sarana publikasi atau media dapat dikatakan mampu mencapai dan memenuhi kebutuhan publik akan informasi. Media elektronik dan media cetak, seluruh masyarakat dipenjuru dunia telah memanfaatkan sarana ini untuk memenuhi kebutuhan informasinya, selain itu interaksi komunikasi pun dimanfaatkan dengan adanya dua jenis media tersebut. Ada salah satu yang terlupakan, walaupun secara formal tidak resmi bahkan tidak tampak kasat mata, media lisan mampu menyebarkan informasi secara hebat.
Menuju pada ruang publik yang lebih sempit, bisa kita lihat Indonesia. Adanya Undang-Undang yang menjamin kebebasan berpendapat menjadi kekutan atas timbulnya perusahaan media untuk memenuhi kebutuhan publik. Tampak ketika pasca reformasi, membludaknya media dan kebebasan berpendapat semakin memperkuat fungsi kontrol, perubahan media terhadap pemerintahan atau berokrasi, sarana mendidik dan bahkan kebutuhan-kebutuhan lain sebagai pemanfaatan media.
Pers Mahasiswa sebagai status, UPN News adalah media kami, dan ruang lingkup pemenuhan informasi kami adalah kampus UPN “Veteran” JATIM, bahkan kebutuhan informasi masyarakat sekitar pun coba kami penuhi. Keberadaan yang tampak sejak tahun 1996, misi perubahan atas gejala-gejala sosial lingkungan masyarakat dan lingkungan kampus membuat kami berusaha mengungkap dan menelusuri segala fenomena menjadi sebuah fakta.
Seperti daun di ranting tak sendirinya melayang
Hingga ujung dunia tanpa dihembus angin,
Seperti jubah kita tak sendirinya bercerita
Tentang cinta

Seperti buku sejarah tak pernah bercerita
Tentang rakyat yang kalah, seperti
Setiap penguasa tak pernah bercerita
Tentang luka

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger