Kamis, 17 Januari 2008

Pertama Sampai Ketiga Santai


Pekan teduh, waktu selama seminggu sebelum UAS. Masa ini dianggap masa tenang oleh sebagia besar mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadipi ujian selama seminggu. Tak heran jika moment tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk belajar.
Dari beberapa mahasiswa yang dimintai keterangan, selama pekan teduh mereka berencana mengisi aktivitas selain belajar. Ternyata aktivitas yang salah satunya akan mereka kerjakan adalah beristirahat selama pekan teduh, karena selama satu semester menerima kuliah dan menerima tugas perkuliahan membuat pikiran menjadi jenuh. Dari kejenuhan tersebut banyak sekali aktivitas selain belajar yang dilakukan.
Pernyataan dari mahasiswa pun pekan teduh dianggap sebuah kebebasan berkreasi, bermain mencari pengalaman dan intinya pekan teduh adalah waktu yang pas, sekaligus menganggap pekan keduh tidak efektif.
Banyak pula yang menganggap bahwa pekan teduh adalah libur seperti waktu pasca UAS dimana waktu kosong yang diberikan mahasiswa antara tiga Minggu sampai satu bulan. Oleh karena itu dengan kekosongan ini banyak juga dari mahasiswa yang berencana mengisi waktu dengan jalan-jalan bersama teman atau rekreasi, nonton, tidur, bahkan bermain play station menjadi kegemaran. Bagi mereka juga yang berasal dari daerah luar kota tidak lupa untuk menyempatkan waktunya untuk pulang ke kampung halaman.
Tidak lepas dari masa-masa sebelum UAS persiapan mahasiswa untuk menghadipinya pun dilakukan. Kebutuhannya tidak lepas jauh dari hasil perkuliahan seperti catatan yang kurang lengkap segera dilengkapi. Kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan sebelum UAS juga banyak terulang mahasiswa seperti belajar sehari sebelum ujian pada saat malam hari. “Biasanya hari pertama sampai ke 3 santai-santai. Tapi setelah hari keempat mulai belajar dikit mengenai kefektifannya, pekan teduh efektif juga karena memberikan kita waktu untuk belajar, tapi banyak juga sebagian mahasiswa yang pakek pekan teduh buat santai-santai dan main-main ama temen” kata Ririn, ilmu komunikasi. Bahkan menurut lusi, “pekan teduh efektif, klo misalnya kita belajarar terlalu lama entar kita lupa dan nggak bisa buat kerpean”. (Red)

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger