Kamis, 17 Januari 2008

Inisiatif dari Dekan


Seiring berkembangnya zaman yang sangat pesat, teknologi sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk mencari informasi dengan cepat. Salah satu cara mengakses informasi terbaru adalah melalui media online atau internet. Keberadaan teknologi yang nyaris berkembang tiap harinya dapat menambah wawasan dan bisa juga untuk hiburan.
Kampus UPN “Veteran” Jatim pun tak ingin ketinggalan informasi dan berusaha memenuhi kebutuhan informasi tersebut. Terkait dengan perkembangan teknologi, UPN pun mencoba mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Hal tersebut diwujudkan dengan tersedianya teknologi jaringan area lokal atau yang lebih dikenal dengan Local Area Network (LAN) yang bernama WiFi di beberapa fakultas yang ada di UPN “Veteran” Jatim. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi, terutama para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.
WiFi (Wireless Filedity) merupakan teknologi jaringan nirkable atau tanpa kabel sehingga mudah digunakan. Sistem kerja jaringan ini berasal dari server yang dapat terkoneksi langsung dengan komputer atau laptop yang sudah dilengkapi dengan wireless. Namun, sebelum itu kita harus mengetahui Internet Provider atau IP Address dari jaringan WiFi yang akan disambungkan dengan komputer atau laptop. Beberapa jaringan ada yang dilindungi dengan password. Hal ini dimaksudkan agar tidak sembarang orang bisa menggunakan WiFi tersebut.
Beberapa Fakultas yang telah menggunakan WiFi ini adalah Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). “Dengan adanya fasilitas WiFi tersebut, para mahasiswa bisa mendapatkan informasi dengan cepat, mudah dan murah,” tutur Ir. Bambang Wahyudi, M.S. selaku Dekan FTI.
Artur (Akuntansi, 2004) juga mengungkapkan fasilitas yang ada sejak lebih dari dua tahun yang lalu ini telah tersedia di fakultasnya, “Adanya fasilitas WiFi di Fakultas Ekonomi sangat berguna bagi para mahasiswa karena kita tidak harus ribet-ribet ke warnet. Dengan membuka laptop di area kampus kita sudah bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, walaupun kebutuhan setiap mahasiswa itu berbeda-beda.”.
Sedikit disayangkan, bahwa dari total enam fakultas yang ada di kampus UPN ini, masih ada tiga Fakultas lain yang masih belum memasang WiFi di gedung fakultasnya. Fakultas tersebut adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Hukum (FH). Yang menjadi pertanyaan kita adalah mengapa di tiga fakultas tersebut masih belum menggunakan teknologi WiFi? Padahal di tiga Fakultas lainnya sudah menggunakan teknologi WiFi sekitar dua tahun. Bahkan ada salah satu Dekan Fakultas yang tidak mengetahui tentang teknologi WiFi.
Kemudian ada salah satu Dekan juga yang memberikan tanggapan tentang adanya ada dan tidaknya fasilitas WiFi di seluruh fakultas di UPN ini adalah tergantung pada inisiatif Dekan masing-masing fakultas. “Sebenarnya itu inisiatif dari Dekan sendiri, mau memberikan fasilitas tersebut apa tidak,” tutur Dekan FTI.
Menurut salah satu mahasiswa yang bernama Difraka (Ilmu Komunikasi, 2005) yang di Fakultasnya belum ada teknologi WiFi, fasilitas seperti Wifi sebenarnya diperlukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, ”Teknologi WiFi sangat berguna karena bisa menunjang keaktifan mahasiswa agar lebih maju dan tidak gaptek, agar para mahasiswa lebih up to date dengan teknologi yang ada. Oleh karena itu sangat perlu sekali diadakannya teknologi WiFi di FISIP.”.
Sedangkan menurut Ibnu Hajar, S.H.,M.M. selaku Dekan Fakultas Hukum yang merangkap menjadi WAREK II memberikan penjelasan bahwa pemasangan WiFi ini masih dalam proses, ”Untuk teknologi WiFi sekarang ini sedang dalam proses karena UPN “Veteran” Jatim mendapatkan dana hibah dari Dikti terkait dengan jaring-jaring internet baik di dalam sini maupun di luar sana. Kemungkinan bulan Februari 2008 sudah di operasionalkan.”.
“Di ruang Arjuna nanti juga akan didirikan suatu jaringan yang bisa memonitor segala kegiatan baik itu intranet, internet maupun WiFi,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger