Kamis, 20 Maret 2008

Make It Originality!!


Okky, Ryan, Irfan, Garry, dan Yoyok. ORIGY. Nama Origy masih terdengar asing di telinga kita, namun pasti tidak asing lagi bagi penyuka musik Indie di Surabaya dan sekitarnya. Yup…Origy adalah salah satu band Indie yang terlahir di kota Surabaya.
Lima personil dalam band ini memiliki kesamaan visi dan misi dalam bermusik hingga membuat mereka sepakat untuk bekerja sama dalam satu band. Akhirnya terbentuklah Origy pada 13 Oktober empat tahun silam.
Manusia boleh berencana namun tetap Tuhanlah yang menentukan. Seiring dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit perbedaan visi dan misi mulai timbul. Tak terelakkan lagi, perbedaan itu membuat tiga orang personil hengkang dari Origy. Tersisalah Irfan dan Garry yang tetap bertahan. Mereka berdua tidak putus asa, semangat bermusik yang tak pernah kandas membuat mereka ingin tetap mempertahankan Origy. Di UKM musik Satya Palapa UPN “Veteran” Jatim, tempat mencurahkan inspirasi bermusiknya, mereka menemukan dua semangat baru yang siap menghidupkan kembali Origy. Mereka adalah Doni dan I’i. Akhirnya, dengan semangat baru, di penghujung tahun 2006 lalu Origy kembali hidup dengan personil Donny (vocal), Irfan (gitar), Garry (bass), dan I’I (drum).
Band yang digawangi empat cowok cakep ini telah menelurkan 22 lagu ciptaan mereka sendiri. Diantaranya, Cintaku Langkahku, Bunda, Turunkan Aku Ke Dunia, Sampai Kapan dan masih ada seabrek lagu-lagu Origy yang pastinya memanjakan telinga. Irfan, gitaris Origy yang lebih suka dipanggail Panle ini, menuturkan bahwa lagu-lagu mereka terinspirasi dari pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, hasil dari membaca buku, dan dari mimpi. Salah satu lagu yang terinspirasi dari pengalaman pribadi adalah lagu yang sekarang ini sudah bisa didengar di radio-radio ternama di Surabaya, yaitu Cintaku Langkahku. “Lagu ini nggak hanya menceritakan tentang hubungan long distance, tapi juga tentang pasangan yang ditinggal pergi kekasihnya,” tambah Irfan.
Tidak hanya lagu Cintaku Langkahku saja yang bisa didengar di radio. Lagu dengan judul Bunda dan Turunkan Aku Ke Dunia juga sudah bisa dinikmati oleh para original, begitu mereka menyebut para fans-nya. Di sela-sela wawancara, Garry sang bassist yang hobi tidur ini memberikan secarik kertas bertuliskan jadwal lagu-lagu Origy yang bisa dinikmati melalui gelombang 105,9 EBS FM setiap hari pukul 18.00 WIB, 94,8 DJ FM setiap Sabtu pukul 16.00 WIB dan 101,1 Istara FM setiap hari Minggu pukuk 11.00 WIB.
Dari sekian banyak lagu yang telah mereka ciptakan, mereka mempunyai lagu andalan masing-masing. Irfan bangga dengan lagu bertajuk Cintaku Langkahku, I’i dengan Turunkan Aku ke Dunia, Donny gandrung dengan Biar, sedangkan Garry dan sang manajer, Samsue, lebih mengandalkan lagu Bunda yang merupakan adalah lagu pertama yang berhasil diciptakan oleh Origy.
Band yang kental dengan keoriginalitasan anak muda ini memang mampu mencuri hati banyak pecinta musik Indie di Surabaya dengan hits-hits dasyat mereka. Terbukti, band yang mengaku memiliki aliran musik pop rock alternatif ini sudah banyak melanglang buana di banyak café di kota Pahlawan. Baru-baru ini, mereka sempat unjuk gigi di Van Java. Tidak hanya itu, jauh sebelumnya Origy juga pernah menggelar aksi panggung sebagai band pembuka Utopia Goes to Campus, Total Indie JTV Surabaya, A Mild Music Collaboration Goes to Campus, dan masih banyak lagi segudang aksi panggung yang mampu memacu adrenalin para original.
Belum cukup sampai di situ, mereka juga aktif mengikuti kompetisi-kompetisi band yang ada di Surabaya. Alhasil, mereka mampu menggondol gelar juara satu Soundtrack A Mild Indie Movie dan Juara dua XL Music Competition. Masih soal aksi panggung Origy, empat cowok asli Surabaya yang juga tergabung dalam UKM Musik “Satya Palapa UPN” ini mengaku hanya menyiapkan stamina sebelum tampil agar tetap fit saat manggung.
Semangat ’45 yang mereka miliki memang patut diacungi jempol. Meski mengaku banyak mengalami kejadian-kejadian konyol di atas panggung, tetapi mereka tidak pernah berhenti mencoba dan terus berkarya. Salut untuk Origy!!
Ketika ditanya tentang harapan untuk Origy, meskipun dijawab dengan kalimat yang berbeda-beda namun pada intinya mereka kompak menginginkan Origy bisa menjadi lebih besar lagi, bisa membawa nama UPN dan bisa lebih sukses lagi. “Kita pengen jadi band yang besar, sukses dan mati masuk surga,” ujar sang drummer sambil bercanda.
Buat para original yang ingin tahu lebih jauh tentang Origy, bisa berkunjung ke friendster Origy di origy_band@yahoo.co.id.(atr)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah wahh'. . ...

band hebadh nie,,

keep struglew boii . ...

hwakakakzkkzzxs. . ..'


samsoe* bukan manager muw [ORIGY]

Powered By Blogger